Selamat Datang di Blog essay kami

Jumat, 01 Juli 2016

Sandi BinErY (Yudit Nurul Pebriani)

Sandi BinErY

Yudit Nurul Pebriani – 152151001

B
asis, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan kata basis. Rasanya sudah menjadi makanan setiap minggu mengenai basis di mata kuliah Teori Bilangan. Lalu apa kaitannya dengan Sandi BinErY? Apa itu Sandi BinErY? Lets check it out guys!
Latar Belakang
Pada awalnya dimulai dengan perbincangan antara seorang ibu dan anaknya yang mengeluh mengenai tugas essay dari salah satu mata kuliah di Universitas Siliwangi jurusan pendidikan matematika yang berada di Tasikmalaya. Nama dari seorang ibu itu adalah Euis Kusniawatty yang memang seorang guru matematika di SMP yang berada di Kuningan dan anaknya bernama Yudit Nurul Pebriani. Ya, anaknya adalah penulis essay ini dan sebut saja ibu itu dengan nama “mama”.
Tiba-tiba mama memberikan sebuah kertas yang terdapat banyak kotak seperti kertas milimeterblok dan terdapat titik-titik yang terletak di dalam kotak yang berbeda. Selain itu, terdapat huruf A-Z yang berjumlah 26 dan juga angka yang berpangkat dari , , ,  dan . Lalu mama bilang “sok baca neng”, apa ini ma? apa yang harus dibaca ma? Wuff. Setelah lama dipahami, neng ini tidak kunjung paham. Baru setelah itu mama menjelaskan mengenai apa yang ingin mama maksudkan pada neng. Pada akhirnya neng mengerti.
Jadi, bentuk dari apa yang dituliskan oleh mama menyerupai sebuah simbol yang apabila hanya dilihat, pasti pembaca tidak akan mengerti sebelum dijelaskan. Penulis sangat ingat kalimat yang pertama dituliskan oleh mama yaitu “Aku Cinta Matematika”, karena mama seorang guru matematika. Setelah sekian lama sampai menjelang UAS semester dua, baru penulis mengajukan essay ini kepada dosen yang bersangkutan. Lalu essay ini diberi nama “Sandi BinErY”. Nama itu diperoleh dari kata “biner” yang artinya adalah “dua” dan akhirannya diberi huruf Y, karena sandi ini mutlak dibuat oleh penulis dengan bantuan mama. Terdapat huruf E kapital itu berarti nama dari mama yaitu Euis Kusniawatty.



Pengertian
Sandi BinErY adalah huruf alphabet yang ditulis menggunakan ketentuan basis , khususnya pada basis dua dan berupa simbol. Simbol yang digunakan untuk melambangkan  suatu huruf dalam basis dua yaitu dalam bentuk noktah, garis dan kotak. Basis dua yang digunakan dimulai dari angka , , ,  dan . Mengapa demikian? Karena jumlah dari huruf alphabet itu hanya ada 26 dimulai dari huruf A-Z. Apabila   , ,dst digunakan maka hasilnya akan melebihi jumlah huruf alphabet, karena hasil dari  itu adalah 32 sedangkan huruf alphabet jumlahnya hanya 26.
Sebenarnya apa sih kegunaan Sandi BinErY? Kegunaannya yaitu seperti simbol atau sandi yang digunakan di dalam pramuka. Kita dapat membuat permainan dari simbol tersebut atau untuk membuat suatu surat yang bersifat rahasia,dsb. Perbedaannya adalah alphabet basis dua ini behubungan dengan perhitungan matematika.




Simbol Awal Sandi BinErY

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
A
B
C
D
E
F
G
H
I
J


11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
K
L
M
N
O
P
Q
R
S
T


21
22
23
24
25
26
U
V
W
X
Y
Z

Seperti pada gambar, noktah yang diletakkan berjumlah sama dengan urutan alphabet dari A-Z.  Awalnya alphabet basis dua ditulis harus menggunakan   kertas milimeterblok dan hanya berupa noktah saja. Namun kekurangannya adalah tidak semua orang memiliki kertas milimeterblok untuk membuat simbol tersebut. Bisa ditulis di kertas biasa tetapi kendalanya  tetap harus membuat kotak terlebih dahulu untuk menulis simbol aphabet basis dua tersebut. Cara untuk memecahkan Sandi BinErY adalah kita hanya perlu mengetahui dan mengingat urutan keberapa huruf aphabet dari A-Z dan urutan basis dimulai dari basis  terletak paling atas sampai basis  di bagian paling bawah. Selain itu, cara membacanya adalah dari kolom atas ke bawah seperti pada tanda panah dengan menjumlahkan hasil dari setiap basis. Misalnya :

Apakah kata yang terdapat di dalam simbol tersebut?
Penyelesaian:
1.      Kita harus mengetahui urutan basis dari dari basis  terletak paling atas sampai basis  di bagian paling bawah.

 = 1
 = 2
 = 4
 = 8
 = 16

2.      Kita harus mengetahui noktah tersebut terletak dimana saja. Lalu jumlahkan setiap baris dalam satu kolom. Misalnya kolom pertama, Pada kolom pertama terdapat tiga noktah yang terletak pada basis ,  dan . Setelah itu jumlahkan.
Kolom 1 = +  +
             = 8 + 4 +1
             = 13
Hasilnya dari kolom pertama yaitu angka 13, angka tersebut   merupakan nomor urut untuk huruf alphabet M. Jadi kolom pertama simbol sudah bisa dipecahkan.
3.      Untuk kolom selanjutnya menggunakan langkah yang sama.
4.      Cara membaca kata sama seperti biasanya, yaitu dari kiri ke kanan
Jadi, apakah sudah tepecahkan simbolnya? Apa jawabannya? Yaaa betul sekali! Jawabannya adalah MATEMATIKA.
Simbol Baru Sandi BinErY
Awal dari simbol baru ini yaitu berasal dari kotak milimeterblok itu sendiri. Karena dalam satu kotak milimeterblok itu terdapat empat bagian kotak lagi. Seperti pada gambar dibawah:




 


                 


Dalam empat buah kotak di dalam di tempatkan masing-masing basis dari basis , ,  dan . Kotak tersebut dinamakan kotak basis.  Basis angka  ini muncul karena merupakan perpotongan dari setiap garis yang membagi menjadi empat kotak. Selain itu, kaitannya yaitu dengan grafik dimana perpotongan antara garis x dan garis y bernilai 0, jadi munculah basis angka .
Penasaran dari kotak milimeterblok tersebut bisa dibuat simbol seperti apa? Lets check it out!
Berikut ini adalah simbol – simbol aphabet yang dihasilkan dari kotak milimeter tersebut.
A = 1         B = 2         C = 3
   
D = 4         E = 5        F = 6
   
G = 7         H = 8       I = 9
   
J = 10         K = 11     L = 12
   
M = 13       N = 14     O = 15
   
P = 16        Q = 17     R = 18
   
S = 19        T = 20     U = 21
   

V = 22       W = 23                  X = 24
   
Y = 25       Z = 26
 
Cara Pembuatan Sandi BinErY
Cara pembuatan simbol seperti pada gambar yaitu :
1.      Menentukan huruf aphabet yang kita inginkan. Misalnya huruf G, huruf ini merupakan urutan ke 7 dari huruf alphabet.
2.      Menentukan berapa noktah yang harus di tempatkan pada kotak basis.
Huruf G = 7 =  +  +
                   = 4 + 2 + 1
                   = 7
Dari penjumlahan tersebut terdapat tiga basis yang digunakan, yaitu  ,  dan . Maka terdapat tiga noktah yang harus ditempatkan di kotak basis
3.      Tempatkan tiga noktah tersebut seperti pada kotak basis dibawah untuk huruf G.

 



4.      Setelah menempatkan noktah,  tariklah garis dari penjumlahan basis yang paling besar ke yang paling kecil. Karena itu terdapat tiga noktah, maka cara penarikan garisnya dimulai dari  ke  lalu ke . Seperti gambar di bawah :



5.      Maka simbol yang dihasilkan dari aphabet dengan basis dua pada huruf G, seperti dibawah:
6.      Dalam membuat suatu kalimat, untuk memisahkan kata satu dengan kata lain hanya perlu menuliskan noktah diantara kata.
7.      Cara membaca sama seperti biasanya, yaitu dari kiri ke kanan.

Yeayyyyy!!! Mudahkan kawan-kawan? Coba membuat simbol yang lain yah J
Beberapa Ketentuan dalam Pembuatan Simbol
Apabila diperhatikan dari semua simbol terdapat beberapa simbol yang mendapatkan coretan garis, yaitu pada huruf L , N dan R. Coretan garis tersebut merupakan tanda bahwa kotak yang terdapat basis terlewati namun tidak ikut dijumlahkan. Itu dikarenakan tergantung pada urutan huruf yang akan dibuat simbol. Misalnya pada huruf N :
N adalah huruf ke-14.
Huruf N = 14 =  +  +
                      = 8 + 4 + 2
                      = 14
Terdapat tiga basis yang berati terdapat tiga noktah yaitu    ,  dan , maka gambarnya seperti dibawah :



Tanda panah biru diatas menunjukan bahwa ada kotak yang terdapat basis terlewati tetapi tidak ikut dijumlahkan, karena tidak terdapat noktah. Maka berlaku pencoretan pada garis yang dilalui. Jadi simbol huruf N seperti dibawah:
Find the word of Sandi BinErY!
BinErY 1



BinErY 2
           
Kesimpulan
Sandi BinErY adalah huruf alphabet yang ditulis menggunakan ketentuan basis , khususnya pada basis dua dan berupa simbol. Simbol yang digunakan untuk melambangkan  suatu huruf dalam basis dua yaitu dalam bentuk noktah, garis dan kotak. Basis dua yang digunakan dimulai dari angka , , ,  dan .
Kegunaannya yaitu seperti simbol atau sandi yang digunakan di dalam pramuka.kita dapat membuat permainan dari simbol tersebut, untuk membuat suatu surat yang bersifat rahasia,dsb. Perbedaannya adalah Sandi BinErY ini berhubungan dengan perhitungan matematika.
Hal yang perlu diingat dalam pembuatan Sandi BinErY yaitu :
1.      Kotak basis, yang terdiri dari basis , , ,  dan .
2.      Urutan huruf alphabet dari A-Z.
3.      Perhitungan yang dimulai dari basis paling besar ke kecil.
4.      Penempatan noktah dan penarikan garis dimulai dari basis yang paling besar ke basis yang paling kecil.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar