Selamat Datang di Blog essay kami

Jumat, 01 Juli 2016

GOOD WILL HUNTING (Meuthia Kusmati)

GOOD WILL HUNTING
Meuthia Kusmiati-152151003-A
IPK 3,20
085862384246

F
ilm yang dirilis pada tanggal 2 Desember 1997 ini menceritakan Will Hunting, seorang petugas kebersihan di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Dia berasal dari panti asuhan dan diangkat oleh keluarga angkatnya. Will Hunting merupakan anak nakal, dia sering terlibat perkelahian dan bahkan pencurian. Will pada awalnya bekerja menjadi kuli bangunan, ditemani keempat temannya.
Seorang Profesor  bernama Gerald Lambeau bernama memberikan soal kepada mahasiswanya, dan dia mengatakan bahwa siapa saja yang dapat memecahkan soal ini dia tidak hanya akan mendapat hadiah darinya tetapi juga dia akan terkenak,  menjadi kaya,  dan masuk ke koran.
Soal itu kemudian ditulis di papantulis didepan kelas. Pada saat itu Will Hunting datang sambil membawa peralatan kerjanya, dia menuliskan jawaban itu dipapan tulis.
Keesokan harinya pada saat reunian para alumni universitas itu,  ada seorang gadis yang memberitahu kepada Profesor Gerald Lambeau bahwa soal tersebut telah ada yang menjawab.  Akhirnya Profesor Gerald Lambeau dan asistennya datang melihat hal tersebut diikuti mahasiswa lainnya.   Dan ternyata jawaban tersebut benar, Profesor Gerald Lambeau lalu menanyakan kepada mahasiswa yang ada disitu,  tetapi semuanya menjawab bahwa mereka tidak mengerjakannya.  Esok harinya kelas menjadi sangat penuh karena mahasiswa lain ingin melihat siapa orang yang telah memecahkan soal tersebut,  setelah Profesor Gerald Lambeau datang dia mempersilahkan mahasiswa yang menjawab pertanyaan untuk maju kedepan,  tetapi tidak ada yang mengakui. Hingga akhirnya Profesor Gerald Lambeau memberikan soal lagi, dan keluar meninggalkan kelas.  Tak berapa lama kemudian Will Hunting datang untuk mengepel dan melihat dipapan tulis ada soal baru, dia mengerjakan soal tersebut. Profesor Gerald Lambeau
memergoki Will Hunting sedang mengerjakan soal tersebut. Will Hunting malah mengucapkan minta maaf dan pergi.  Profesor Gerald Lambeau mengejarnya namun Will Hunting telah pergi .
Profesor Gerald Lambeau dan asistennya lalu mendatangi ruang pegawai. Ada 2 orang petugas disana,  Profesor Gerald Lambeau menanyakan nama pekerja yang bekerja digedungnya. Petugas disana menjawab bahwa Will Hunting tidak masuk hari ini dia dihukum karena telah terlibat perkelahian. Dia lalu diberi kartu nama Will Hunting Hunting.
Singkat cerita Profesor Gerald Lambeau datang menemui Will Hunting dipenjara. Profesor Gerald Lambeau memberikan pilihan kepada Will Hunting agar bebas dari penjara dengan jaminan dirinya,  dengan syarat Will Hunting harus bertemu dengannya selama 2 kali dalam seminggu dan yang kedua Will Hunting harus mau diterapis.
Akhirnya Will Hunting menyetujui perjanjian itu. Dia datang ke tempat Profesor Gerald Lambeau,  dan dia diberi soal. Lalu Will Hunting dengan mudahnya mengerjakan soal tersebut.
Tiba waktunya untuk Will Hunting diterapis. Sebanyak lima psikiater tidak sanggup dengan Will Hunting dan memilih mengundurkan diri. Hingga akhirnya Profesor Gerald Lambeau menyuruh teman kuliahnya Sean untuk menjadi terapis bagi Will Hunting. Sean dan Profesor Gerald Lambeau pun berbincang-bincang, awalnya Sean tidak mau namun setelah terus dibujuk akhirnya dia mau.
Dia dengan keempat temannya pergi ke sebuah bar di dekat harvard. Temannya menggoda wanita lalu ada seorang lelaki yang merendahkannya dan mengajaknya berdebat masalah pandangan evolusi ekonomi di Koloni Selatan. Will Hunting membela temannya dengan menjawab pertanyaan dari orang itu.
Pertemuan pertama dengan Will Hunting, Sean berkenalan dan Will Hunting sangat kagum karena ditempat Sean banyak terdapat buku. Dan Will Hunting sangat menyukai buku. Will Hunting melihat lukisan yang terpajang ditempat Sean,  dia mengomentari lukisan tersebut, Will Hunting menyebutkan bahwa Sean menikahi orang yang salah hingga membuat Sean tersinggung dan marah. Sean memperingatkan untuk tidak menghina istrinya yang telah meninggal. Karena waktu pertemuan telah habis, Will Hunting pergi keluar. Diluar Profesor Gerald Lambeau dan asistennya telah menunggu, dia panik ketika bertanya kepada Will Hunting namun dia tidak menjawab. Dia langsung masuk keruangan dan meminta maaf kepada Sean, dia mengira bahwa Sean tidak mau menjadi terapis buat Will Hunting namun nyatanya tidak. Sean berkata bahwa pastikan Will Hunting akan menemuinya lagi.
Pertemuan selanjutnya Will Hunting diajak Sean pergi ketaman. Disana Sean menceritakan istrinya. Pertemuan selanjutnya Will Hunting diam tanpa kata dan hanya duduk. Pertemuan selanjutnya pun seperti itu,  tetapi saat Sean mengantuk Will Hunting baru berbicara, walaupun dia berbicara hanya candaan bukan betulan.
Saat Will Hunting akan mengajak jalan-jalan wanita itu,  dia berkata bahwa dia tidak bisa keluar karena ia harus menyelesaikan tugasnya tentang Spektrum Ebogamine. Will Hunting lalu pergi mengerjakan tugas wanita itu disecarik tisu dan memberikannya kepada wanita itu.
Profesor Gerald Lambeau memberitahukan bahwa ada tawaran pekerjaan untuk Will Hunting, dia lalu bertemu dengan orang Jepang. Will Hunting menolak pekerjaan tersebut (memecahkan kode-kode rahasia) karena pekerjaan itu akan menyebabkan bom meledak dan membunuh ribuan orang.
Profesor Gerald Lambeau terus memaksa Sean untuk membujuk Will Hunting supaya ikut dengan aturannya atau kalau tidak Will Hunting akan dipenjara. Sean menasihati Profesor Gerald Lambeau supaya dia tidak memaksa Will Hunting karena Will Hunting tidak ingin melakukan hal itu. Akhirnya terjadi perdebatan antara Sean dan Profesor Gerald Lambeau dan mengungkit masa lalu mereka. Hingga akhirnya Will Hunting dapat menceritakan kenapa selama ini dia membentengi kepintarannya.
Will Hunting bekerja kembali sebagai kuli bangunan, temannya menasehati Will Hunting supaya dia memanfaatkan kepintaran yang tidak dimiliki oleh dia dan teman-temannnya. Supaya teman-temannya merasa bangga pada dirinya. Will Hunting akhirnya menyetujui pekerjaan yang dulu sempat ditolaknya dengan orang Jepang. Di ulang tahun yang ke 21 Will Hunting diberi hadiah oleh teman-temannya berupa mobil. Mobil ini dirakit oleh teman-temannya dari barang-barang bekas.
Profesor Gerald Lambeau dan Sean akhirnya bermaafan dan Sean akan pergi keluar kota untuk jalan-jalan. Mereka lalu minum kopi bareng. Di akhir cerita saat teman-teman Will Hunting mengunjungi rumah Will Hunting untuk mengajak bermain bersama, Will Hunting tidak ada dirumah. Kemudian temannya ingat akan perkataanyya kepada Will Hunting dan dia tersenyum. Sean sedang beres-beres untuk pergi, Will Hunting datang ke rumah Sean dan mengirimi surat berisi bahwa dia jika Profesor Gerald Lambeau meminta Will Hunting untuk bekerja dia tidak akan melakukannya karena dia akan menyusul Skylar wanita yang dicintainya.  Will Hunting menemukan apa yang diinginkannya.
Film ini berhubungan dengan matematika seperti pada sinopsis diatas, Will Hunting mengerjakan soal berupa soal di kelas Aljabar Linier.



1) Find the adjacency matrix A of the graph G
2) Find the matrix giving the number of 3 step walks in G.
3) Find the generating function for walks from point i to j.
4) Find the generating function for walks from points 1 to 3.

Jawabannya:
Untuk nomor satu, kita harus mencari adjoin matriks A dari grafik G.






Untuk nomor 2, matriks hasil dari nomor satu di pangkatkan 3







Untuk nomor 3 kita diminta mencari formula
Description: \sum_{n} x^n = (1-x)^{-1}untuk
penjumlahan deret geometri :
Description: f(z) = \sum_{n=0}^{\infty} [L^n]_{ij} z^n = [\sum_{n=0}^{\infty} L^n z^n)]_{ij} =  [(1-Lz)^{-1}]_{ij}. Menurut aturan Cramer
 A-1 = det(Adj(A)ij)/det(A) mengarah
 ke det( Adj(1-z L)ij)/det(1-z L) atau
bisa juga ditulis det( Adj(L-z)ij)/det(L
-z).





Dan untuk nomor 4
i=1 and j=3, kita dapat  det( Adj(A)13
 = 2 z2 + 2 z3 dan det(L-z) = 1-7 z2 - 2
z3+4 z4. Hasilnya dapat ditulis sebagai  
(2 z2+2z3)/(1-7 z2 - 2 z3+4 z4)

Dia juga berhasil memecahkan soal-soal matematika lainnya dari profesor. Selain Will Hunting pintar matematika dia juga pintar dalam beberapa bidang ilmu lainnya, ini terbukti saat ia mengomentari lukisan karya Sean, dan saat ia membela temannya dengan menjawab pertanyaan seputar sejarah koloni selatan, juga mengerjakan tugas Skylar. Hal ini selain karena otaknya yang jenius, kepintaran ini juga karena Will Hunting senang membaca seperti yang ia ucapkan kepada Sean diawal pertemuannya.





DAFTAR PUSTAKA

Buhari, Bustang. (2011). (Mathematics goes to Movies) Film yang Wajib ditonton oleh Para Matematikawan. [Online]. Tersedia: https://bustangbuhari.wordpress.com/2011/10/20/mathematics-goes-to-movies-film-yang-wajib-ditonton-oleh-para-matematikawan/. [01 Juni 2016].




TN. (2003). The Good Will Hunting Problem (A problem in Linear algebra). [Online]. Tersedia: http://www.math.harvard.edu/archive/21b_fall_03/goodwill/. [13 Juni 2016].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar